Kamis, 27 Januari 2011

Music and Writing

Di dalam Kimi Wo Shinjiteru ada beberapa lirik lagu yang aku sertakan. Selain karena berkaitan dengan cerita, lagu-lagu itu juga merupakan sumber inspirasiku saat menulis novel pertamaku itu. Aku juga ingin pembaca bisa lebih merasakan romantisme cerita dengan mendengarkan lirik lagu tersebut.

Musik dan menulis adalah dua hal yang tidak bisa aku pisahkan. Seringkali aku mendapat inspirasi cerita pada saat mendengarkan musik. Imajinasiku mampu melayang jauh saat telingaku disuguhi komposisi nada yang indah. Atau juga saat menghayati kata demi kata yang dinyanyikan. Musik membantuku menciptakan mood yang tepat saat menulis. Sebaliknya, mana mungkin seorang pencipta lagu bisa menciptakan lirik yang begitu menyentuh jutaan hati manusia jika ia tidak memiliki kemampuan menulis. Contoh pencipta lagu sekaligus penyanyi Indonesia yang terbukti juga pandai menulis adalah Anji Drive. Ia sangat pandai menulis cerita hanya dalam 140 karakter lewat Fiksimini di jejaring sosial, Twitter.

Beruntung keluargaku adalah penikmat musik. Bisa nyanyi meskipun suara kami tergolong pas-pasan. Sejak kecil aku sudah diperdengarkan lagu-lagu favorit mereka seperti lagu-lagu milik The Beatles, Bee Gees, Elvis Presley, Andy Williams, Kenny Rogers, dan lagu-lagu nostalgia lainnya. Aku pun hapal beberapa di antaranya saking seringnya diputar.
Menyetel musik keras-keras adalah halal di dalam peraturan keluarga kami. Berkat itu, kecintaanku pada musik dapat bertumbuh besar tanpa dihalang-halangi. Aku tidak pernah membatasi diri pada genre musik tertentu. Aku suka semua jenis musik. Pop, rock, jazz, R&B, hip hop, bahkan dangdut jika memang lagunya enak didengar. Yang jelas aku suka musik yang menginspirasi.

Musik bagiku adalah pengobat jiwa, sama halnya dengan menulis. Bersama mereka aku merasa berada di tempat yang paling aman. Aku bisa menuangkan seluruh perasaanku melalui dua media itu. Rasa sakit terobati, rasa senang terbagi. Menulis dan musik adalah belahan jiwa. Kombinasi yang dahsyat untuk menyembuhkan.

Selamat menulis musikmu, teman-teman! :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sketsa Hari. Template Design By: SkinCorner from JackBook